60 Orang Penyebar Trojan di Amankan Kepolisian AS

Kepolisian Amerika Serikat (AS) mengklaim telah mendakwa lebih dari 60 orang yang diduga menggunakan program komputer jahat yang dikenal sebagai Zeus Trojan demi kepentingan memperkaya diri sendiri.

Pihak berwajib di AS meyakini jika orang-orang ini merupakan bagian dari sebuah sindikat kejahatan cyber internasional yang mempekerjakan kurir pencucian uang untuk membuat rekening bank dan membantu mentransfer uang yang dicuri.

Menurut Norton Cybercrime Report, yang dirilis bulan lalu, 79 persen responden di seluruh duniaberkeyakinan bahwa penjahat cyber tidak akan bisa dibawa ke pengadilan. Namun ternyata hal ini bisa dilakukan.

"Penangkapan tersebut merupakan langkah maju yang positif bagi keamanan internet, namun penangkapan tersebut, yang dilakukan di AS dan Inggris, juga menunjukkan bahwa pasar bisnis cyber crime sangat menguntungkan dan pentingnya melaporkan kejahatan online kepada otoritas yang tepat," tulis pihak Norton, dalam keterangannya, Senin (4/10/2010).

Zeus Trojan dirancang untuk tujuan memperoleh akses terhadap rekening bank. Virus tersebut dapat melakukan hal ini dengan menginstal keystroke logger untuk mengumpulkan informasi login dan password, dan memindai mesin untuk memperoleh password yang disimpan. Virus ini dapat menyisipkan permintaan mengetik nomor PIN yang benar dalam halaman Web sebagai persyaratan tambahan, tanpa disadari oleh pengguna

Untuk melindungi diri pengguna dari virus-virus serupa, Norton menganjurkan konsumer untuk lebih waspada terhadap permintaan ganjil yang dilayangkan oleh lembaga perbankan yang digunakan, salah satunya adalah jika mereka meminta nomor PIN ATM.

Selain itu pengguna juga diharapkan memiliki sistem proteksi yang bagus, meski hanya menggunakan password. Pasalnya, program seperti Zeus didesain untuk memindai mesin dan menemukan password yang disimpan untuk kemudian mengirimkannya ke para penjahat cyber di seluruh dunia.

Salah satu hal terbaik yang dilakukan adalah menggunakan solusi keamanan terpercaya seperti NortonInternet Security untuk memastikan perlindungan dari virus, worm dan ancaman-ancaman lain ketika surfing di Internet.

Read Users' Comments (0)

0 Response to "60 Orang Penyebar Trojan di Amankan Kepolisian AS"

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger... Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...